Jumat, 23 Maret 2012

Pemograman Berbasis Objek (Penggunaan Program Java)

  • Listing Program 

import javax.swing.*;
public class hitung
{
    public static void main(String[] args)
   {
        String Panjang = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai Panjang:");
        float A = Integer.parseInt(Panjang);
        String Lebar = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai Lebar:");
        float B = Integer.parseInt(Lebar);
        String Tinggi = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai Tinggi:");
        float C = Integer.parseInt(Tinggi);
        String pilihan = JOptionPane.showInputDialog("Menu :\n1. Luas Alas\n2. Volume Prisma");
        int Menu = Integer.parseInt(pilihan);
        switch (Menu)
       {
           case 1 : JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Luas Alas = "+(A*B));
           break;
           case 2 : JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Volume Prisma = "+(A*B*C));
           break;
           default : JOptionPane.showMessageDialog(null,"Maaf, pilihan anda tidak ada");
      }
   }
}


  • Input (Memasukan Nilai)









  • Output (Setelah Memilih menu Hitung akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini)



  • Logika

Pada program diatas kita menggunakan java GUI, yang mana merupakan suatu metode untuk antar muka komputer berbasis grafis. GUI di gunakan untuk mempercantik tampilan dan memberi kemudahan bagi penggguna program. Program diatas juga menggunakan interface windows yaitu sering disebut dalam java yaitu JFrame. Dalam lingkup java sebuah unterface windows dikenal dengan sebutan frame. Frame disini berfungsi mempresentasikan suatu area dilayar yang berisi sejumlah objek lain untuk mempresentasikan ke pada user.

Import Javax.swing.*;
Source diatas berfungsi sebagai pemanggilan kelas (import) dari java, dimana kita enggunakan kelas swing dan kita mengambil semua isi yang ada didlam kelas swing tersebut dengan tanda” * ”.

public class hitung
Source diatas berfungsi sebagai pembuat kelas dengan nama hitung.

String Panjang = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai Panjang:");
Digunakan untuk menampilkan kotak input dialog yang berisi kata "Masukan nilai panjang " 
float A = Integer.parseInt(Panjang);
digunakan untuk meng-input data yang berupa bilangan integer.

JOptionPane.showMessageDialog 
Digunakan untuk menampilkan hasi dalam kotak input dialog. Dalam perinah ini biasanya berisi formula atau kondisi yang digunakan. misalnya memasukkan rumus yang akan digunakan untuk menghiung program yang dimasukkan. contoh :
case 1 : JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Luas Alas = "+(A*B));
Untuk mencari hasil luas alas, maka yang dimasukkan adalah rumus (A*B) 

Import javax.swing.*;
public class hitung
{
    public static void main(String[] args)
   {
        String Panjang = JOptionPane.showInputDialog("Masukkan nilai Panjang:");
        float A = Integer.parseInt(Panjang);

Maksudnya adalah memasukkan nilai inputan kedalam program tersebut.
bilangan yang dimasukkan berupa bilangan integer.
jika semua input sudah dimasukkan, maka dilajutkan dengan membuat perintah 

String pilihan = JOptionPane.showInputDialog("Menu :\n1. Luas Alas\n2. Volume Prisma");
        int Menu = Integer.parseInt(pilihan);
        switch (Menu)
       {

codingan diatas adalah listing program untuk menampilkan vokume prisma.

case 1 : JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Luas Alas = "+(A*B));
break;
case 2 : JOptionPane.showMessageDialog(null,"Hasil Volume Prisma = "+(A*B*C));
break;

Codingan ini adalh rumus untuk menghitung dan menampilkan hasil dari luas alas dan volume prisma.

default : JOptionPane.showMessageDialog(null,"Maaf, pilihan anda tidak ada");

Adalah optional yang dipakai ketika semua inputan yang dimasukkan tidak ada atau input yang dimasukkan salah.



Partner :
Nama  : Rizky Nuryandi
NPM  : 56410181
blog     : http://www.rizkynuryandi.co.cc/2012/03/pemograman-berbasis-objek-penggunaan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar