Kamis, 19 April 2012

Kelebihan, Kekurangan dan Pemanfaatan Facebook di Masa Depan

Social network facebook memang menjadi "Life Style", banyaknya member atau user yang menggunakannya menunjukan social network satu ini menjadi social network yang paling nge-tren. Namun itu facebook juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Diataranya adalah :


Kelebihan
1. Membantu kita untuk mendapatkan teman.
2. Bagi yang mempunyai bisnis facebook ini bisa membantu untuk mempromosikan bisnis kita dengan kata lain bisa digunakan untuk online shop
3. Kalau kita mempunyai saudara jauh situs ini bisa membantu kita untuk berkomunikasi dengan saudara jauh.
4. Bisa memberikan informasi yang tidak kita ketahui kepada kita.  

Kekurangan
1. Bisa membuat para pelajar menjadi malas untuk belajar.
2. Memberikan kesempatan bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan.
3. Membuat kita menjadi boros karena kita membeli pulsa dan kewarnet terus.
4. Membuat orang menjadi ketergantungan atau "keranjingan" untuk OL terus menerus.



Keamanan yang digunakan, Pemanfaatan, & Pengembangan Facebook di Masa Depan
Karena hal itu seharusnya situs jejarng sosial ini bisa menambah fasilitas keamanan yang lebih agar para pengguna yang bertujuan untuk bertindak kejahatan bisa berkurang. Dan seharusnya para orang tua bisa lebih memperhatikan aau mengawasi anaknya agar tidak terjerumus kedalam hal-hal yang bersifat negatif dari situs jejaring sosial ini.
Facebook pada minggu ini meluncurkan sebuah system keamanan baru untuk menjaga privasi para membernya. Akhir-akhir ini Facebook memperoleh banyak keluhan dari para penggunanya karena privasinya terganggu. Selain itu atas kehawatiran tentang privasi dan keamanan di jaringan sosial online, yang memiliki 400 juta anggota di seluruh dunia.
Banyak user yang mengeluh accountnya diakses oleh orang lain. Beberapa bahkan accountnya di rusak atau di non aktifkan oleh orang lain. Sistem keamanan ini adalah dengan memasukkan perangkat pribadi (phone cell, PC, Laptop) yang diperbolehkan untuk melakukan login ke account Facebook. Jadi user yang bisa login ke accountnya hanya melalui perangkat-perangkat yang telah didaftarkannya. Jika ada orang lain atau sang user mencoba melakukan login dengan menggunakan perangkat lain yang tidak terdaftar maka Facebook akan mengirimkan pesan melalui email, sehingga user dapat melakukan pencegahan secara lanjut.

Untuk menggunakannya, user Facebook harus mengaktifkan fasiliatas keamanan ini melalui Account Security yang berada di dalam Account Setting. Kemudian anda mendaftarkan perangkat-perangkat pribadi yang diperbolehkan untuk mengakses Account anda. Bagi user yang ingin melakukan login dengan perangkat yang belum diaftarkan maka user tersebut harus menjawab beberapa pertanyaan. “Kami yakin bahwa tools dan sistem baru dapat melakukan banyak hal untuk mencegah login yang tidak sah yang dapat menyebabkan gangguan,” kata Lev Popov, seorang software engineer Facebook. (dikutip KabarIT dari CNN)

Sistem keamanan ini kurang tepat bagi para user Facebook yang menggunakan perangkat umum seperti warnet atau komputer umum lainya. Dimasa depan Facebook bisa tidak hanya sebatas social network bahkan bisa melebihi fungsi dari kaskus ataupun google sebagai search engine. Semoga kedepannya Facebook membawa dampak yang baik untuk peradaban umat manusia.

Nama  : Reza Maha Putra
Kelas  : 2IA14
Npm   : 55410803

Tidak ada komentar:

Posting Komentar