PT Midi Utama Indonesia Tbk.
Perseroan didirikan pada bulan Juni 2007 oleh
keluarga Djoko Susanto yang telah berkecimpung dalam industri ritel sejak tahun
1960-an. Perseroan didirikan dengan nama PT Midimart Utama, dengan gerai
pertama 'Alfamidi' di
Jl. Garuda, Jakarta Pusat.
Konsep Alfamidi dikembangkan untuk menyesuaikan
perubahan belanja konsumen dari belanja bulanan menjadi belanja mingguan dan
belanja ke toko yang terdekat. Alfamidi dikembangkan sebagai konsep 'supermarket mini' yang
menempati luas area penjualan dari 200 - 400 meter persegi; dimana sekitar 20%
luasnya digunakan untuk memajang produk fresh-food (buah, sayur dan makanan
beku). Bauran produk yang dijual di Alfamidi mencapai 7.000 SKU dan dilengkapi
dengan produk-produk fresh-food, seperti: buah, sayur mayur, dan daging
olahan/makanan beku yang dibutuhkan oleh masyarakat serta tidak dijumpai di
gerai minimarket-minimarket yang sudah ada.
Alfamidi dengan tagline 'Belanja Puas Harga Hemat' diposisikan
untuk dapat memberikan pelayanan dan pengalaman belanja pelanggan agar
terpenuhi kebutuhannya dan dengan harga yang hemat.
Alfamidi sebagai 'gerai
komunitas',
berlokasi di wilayah pemukiman agar dapat melayani dengan cepat dan mudah
dijangkau masyarakat dari rumah. Sebagai gerai komunitas, Alfamidi juga
mengajak masyarakat sekitar gerai untuk dapat berusaha/berdagang dengan
menempati area depan samping gerai. Pada akhir tahun 2007, Perseroan memiliki 3
gerai Alfamidi di Jabodetabek dan 1 Distribution Center (DC) di Serpong. Dalam
perkembangannya pada bulan April 2008 nama Perseroan berubah menjadi PT Midi
Utama Indonesia.
Pada akhir tahun 2008, Perseroan telah berhasil
mengoperasikan Distribution Center (DC) di Surabaya dan mengoperasikan 60 gerai
Alfamidi di Jabodetabek dan Surabaya.
Pada tahun 2009, Perseroan mengembangkan konsep 'convenience store' dengan
nama 'Alfaexpress' dengan
tagline 'Cepat
dan Nyaman';
dimana konsepnya adalah mengutamakan kecepatan dan kenyamanan berbelanja
pelanggan dalam memilih produk dan menyelesaikan transaksi pembayaran.
Pada akhir tahun 2009, Perseroan telah mempunyai 2
Distribution Center (DC) dan mengoperasikan 121 gerai Alfamidi dan 35 gerai
Alfaexpress. Pada tahun 2010 Perseroan mengoperasikan DC Bekasi, sehingga pada
akhir tahun 2010 Perseroan telah mempunyai 3 Distribution Center (DC),
mengoperasikan 248 gerai Alfamidi dan 161 gerai Alfaexpress.
Tahun 2010 juga merupakan tonggak penting bagi
Perseroan dimana, pada tanggal 30 November 2010, Perseroan telah mencatatkan
seluruh saham Perseroan pada Bursa Efek Indonesia dengan kode MIDI.
Mengapa Disebut Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bisnis TI??
Perseroan ini tidak hanya
sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang indust perdagangan saja, namun
perusahaan ini juga memanfaatkan teknologi Informasi dalam kegiatannya. Seperti
contoh penggunaan database yang terstruktur sehingga pusat dengan gerai-gerai
Alfamidi yang tersebar diseluruh pelosok
Indonesia dapat terkoneksi dengan baik. Setiap barang yang dijual di gerai Alfamidi
terdapat barcode yang berfungsi untuk mendeteksi berapa banyak barang yang
terjual dari setiap gerainya. Sehingga pusat dapat mendistribusikan barang
untuk gerai Alfamidi yang kekurangan stock barang persediaannya. Dengan begitu
perseroan ini dapat dikatakan perusahaan yang
juga bergerak dalam bidang bisnis Teknologi Informatika. Tidak harus semua yang bergerak bisnis TI harus menjual barang atau jasa dalam bidang TI tapi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dapat dikatakan dengan bisnis IT
Referensi: http://alfamidiku.com/?page=about
Tidak ada komentar:
Posting Komentar