Rabu, 16 Oktober 2013

Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bisnis Teknik Informatika


PT Midi Utama Indonesia Tbk.


Perseroan didirikan pada bulan Juni 2007 oleh keluarga Djoko Susanto yang telah berkecimpung dalam industri ritel sejak tahun 1960-an. Perseroan didirikan dengan nama PT Midimart Utama, dengan gerai pertama 'Alfamidi' di Jl. Garuda, Jakarta Pusat.

Konsep Alfamidi dikembangkan untuk menyesuaikan perubahan belanja konsumen dari belanja bulanan menjadi belanja mingguan dan belanja ke toko yang terdekat. Alfamidi dikembangkan sebagai konsep 'supermarket mini' yang menempati luas area penjualan dari 200 - 400 meter persegi; dimana sekitar 20% luasnya digunakan untuk memajang produk fresh-food (buah, sayur dan makanan beku). Bauran produk yang dijual di Alfamidi mencapai 7.000 SKU dan dilengkapi dengan produk-produk fresh-food, seperti: buah, sayur mayur, dan daging olahan/makanan beku yang dibutuhkan oleh masyarakat serta tidak dijumpai di gerai minimarket-minimarket yang sudah ada.



Alfamidi dengan tagline 'Belanja Puas Harga Hemat' diposisikan untuk dapat memberikan pelayanan dan pengalaman belanja pelanggan agar terpenuhi kebutuhannya dan dengan harga yang hemat.


Alfamidi sebagai 'gerai komunitas', berlokasi di wilayah pemukiman agar dapat melayani dengan cepat dan mudah dijangkau masyarakat dari rumah. Sebagai gerai komunitas, Alfamidi juga mengajak masyarakat sekitar gerai untuk dapat berusaha/berdagang dengan menempati area depan samping gerai. Pada akhir tahun 2007, Perseroan memiliki 3 gerai Alfamidi di Jabodetabek dan 1 Distribution Center (DC) di Serpong. Dalam perkembangannya pada bulan April 2008 nama Perseroan berubah menjadi PT Midi Utama Indonesia.

Pada akhir tahun 2008, Perseroan telah berhasil mengoperasikan Distribution Center (DC) di Surabaya dan mengoperasikan 60 gerai Alfamidi di Jabodetabek dan Surabaya.

Pada tahun 2009, Perseroan mengembangkan konsep 'convenience store' dengan nama 'Alfaexpress' dengan tagline 'Cepat dan Nyaman'; dimana konsepnya adalah mengutamakan kecepatan dan kenyamanan berbelanja pelanggan dalam memilih produk dan menyelesaikan transaksi pembayaran.

Pada akhir tahun 2009, Perseroan telah mempunyai 2 Distribution Center (DC) dan mengoperasikan 121 gerai Alfamidi dan 35 gerai Alfaexpress. Pada tahun 2010 Perseroan mengoperasikan DC Bekasi, sehingga pada akhir tahun 2010 Perseroan telah mempunyai 3 Distribution Center (DC), mengoperasikan 248 gerai Alfamidi dan 161 gerai Alfaexpress.

Tahun 2010 juga merupakan tonggak penting bagi Perseroan dimana, pada tanggal 30 November 2010, Perseroan telah mencatatkan seluruh saham Perseroan pada Bursa Efek Indonesia dengan kode MIDI.


Mengapa Disebut Perusahaan Yang Bergerak Dalam Bisnis TI??

Perseroan ini tidak hanya sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang indust perdagangan saja, namun perusahaan ini juga memanfaatkan teknologi Informasi dalam kegiatannya. Seperti contoh penggunaan database yang terstruktur sehingga pusat dengan gerai-gerai Alfamidi yang  tersebar diseluruh pelosok Indonesia dapat terkoneksi dengan baik. Setiap barang yang dijual di gerai Alfamidi terdapat barcode yang berfungsi untuk mendeteksi berapa banyak barang yang terjual dari setiap gerainya. Sehingga pusat dapat mendistribusikan barang untuk gerai Alfamidi yang kekurangan stock barang persediaannya. Dengan begitu perseroan ini dapat dikatakan perusahaan yang  juga bergerak dalam bidang bisnis Teknologi Informatika. Tidak harus semua yang bergerak bisnis TI harus menjual barang atau jasa dalam bidang TI tapi dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dapat dikatakan dengan bisnis IT 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar