I.
Spesifikasi Usaha
CV.
JOE PRODUCTION merupakan suatu perusahaan
yang bergerak dalam bidang IT Infrastructure. Perusahaan ini menerima jasa
konsultasi di bidang teknologi informasi, pembangunan suatu sistem jaringan, penjualan
produk keamanan, serta aplikasi yang berfungsi untuk membantu segala kegiatan
bisnis. Jasa konsultasi yang ditawarkan oleh perusahaan ini adalah pembuatan
sistem atau pengembangan sistem yang baru. Pembuatan sistem baru menggunakan
software yang dikembangkan sendiri. CV. JOE PRODUCTION juga menawarkan jasa
pembuatan web development.
I.I. Tujuan
Tujuan
Perusahaan :
·
Memberikan
kemudahan kepada customer yang ingin membuka usaha di bidang IT.
·
Menciptakan
produk yang mudah di operasikan, berkualitas, dan mengikuti perkembangan atau
tren teknologi.
·
Memberikan
pelayanan yang memuaskan klien dengan menerapkan prosedur kerja standard dan
dukungan sumber daya manusia yang terampil, berkualitas, dan kompeten.
I.II. Produk
/ Jasa
Berikut
merupakan produk / jasa yang ditawarkan :
·
Paket
Sistem Komputer (Jaringan, keamanan)
·
Management
Resources Application
·
Pembuatan
Application Customizes
·
IT
Consultan
·
Maintenance
Web
·
Pembuatan
Web
I.III. Deskripsi
Produk / Jasa
Berikut
merupakan pendeskripsian dari produk / jasa yang ditawarkan :
·
Paket
Sistem Komputer (Jaringan, keamanan) :
Ditujukan untuk sistem
jaringan atau keamanan seperti di perkantoran, agar data-data penting terjaga
lebih aman.
·
Management
Resources Application :
Ditujukan untuk suatu
perusahaan agar mempermudah suatu perusahaan untuk mengelola manajemen sumber
daya yang dimiliki.
·
Pembuatan
Application Customizes :
Pembuatan aplikasi
berdasarkanpermintaan klien, sehingga aplikasi yang dihasilkan sesuai dengan
keinginan klien.
·
IT
Consultan
Berfungsi sebagai sarana bagi
para klien untuk berkonsultasi mengenai bidang IT, baik dalam segi software,
hardware, sistem, dan jaringan. Perusahaan akan menyediakan solusi terbaik dan
serinci mungkin kepada para klien.
·
Maintenance
Web :
Membantu dalam mengelola
web dari klien atau suatu perusahaan. Baik dalam segi keamanan, pengolahan
data, dan pemeliharaan web tersebut.
·
Pembuatan
Web :
Pembuatan web berdasarkan
permintaan klien sehingga hasil web tersebut sesuai dengan keinginan klien.
Mulai dari struktur, tampilan, dll.
II.
Segmentasi Pasar
Perusahaan
ini berbentuk “Persekutuan Komanditer” atau yang sering disebut dengan CV.
Perusahaan ini menyediakan jasa pembuatan web, pembuatan aplikasi, pembangunan
jaringan, pembangunan sistem pertahanan, pembuatan software dan lain-lain.
Dengan begitu perusahaan ini mempunyai segmentasi pemasaran terhadap perusahaan
– perusahaan besar yang membutuhkan jasa – jasa IT. Contohnya seperti
perusahaan – perusahaan telekomunikasi, provider jaringan dan kementrian –
kementrian, serta badan usaha menengah keatas ataupun personal.
III.
Analisis Pasar
Pertanyaan
berikut akan membuka sisi analisa dari pasar IT dalam lingkup pemasaran
[=]
Siapa target konsumen?
Target konsumen yang utama adalah perusahaan IT
yang membutuhkan jasa support dalam hal maintenante dan revisi software/
pembuatan software baru. Programmer yang membutuhkan konsultasi seputar program
yang dibuat. Dan bagi perusahaan baru yang ingin membuka peluang lewat
pembuatan web juga maintenancenya.
[=]
Apakah produk kita sudah pernah di uji cobakan
ke konsumen?
Akan
dilakukan pemberian trial dan testimonial, jika konsumen puas maka akan
diberlakukan revisi final sebagai tanda kesepakatan untuk pembelian. Manajemen
akan melakukan tindakan yang terbaik agar produk menjadi produk yang
berkualitas tinggi untuk digunakan konsumen.
[=]
Apakah kita sudah mengetahui keinginan
dan kebutuhan target konsumen akan produk ini ?
Tentunya,
selaku market share pasar, target konsumen sangat tinggi dalam jasa yang
perusahaan berikan. Kebutuhan perangkat lunak berkualitas dan terancang
sempurna menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan lagi. Tentunya dengan solusi
yang membangun lewat konsultasi.
[=]
Ketika kita telah tahu , apakah konsumen
menginginkan hal lain agar dapat menikmati produk kita ?
Ya,
maka dari itu diberikan jasa maintenance dan konsultasi yang menjadi solusi
akhir dalam perbaikkan pangsa pasar perusahaan. Hal ini memberikan kenyamanan
perusahaan agar terjalin lancar dalam memasarkan produknya.
[=]
Siapa kompetitor kita dalam produk ini ?
Tentunya
perusahaan yang memberikan jasa yang setara... yang membedakan dari ini adalah
kualitas yang diberikan dan hasil kepuasan konsumen.
[=]
Jika semua jelas lalu bagaimana
kompetitor kita melakukan pelayanan kepada konsumenya ?
Tentunya
bersaing dalam hal kualitas dan kemampuan terbaik dari pegawai perusahaan dalam
memberikan jasanya.
Berikut
analisa mengenai pasar dari perusahaan:
Lokasi, luas pasar,Sifat dan
Karakteristik pasar
: mengenai lokasi pasar dimana negara ini msh negara berkembang, tentu
kebutuhan pemikiran pintar dalam mengelola pasar menjadikan solusi perusahaan
dalam memasarkan produknya, secara konsumen yang cukup umur dan pendidikan yang
secukupnya, membutuhkan ahli dalam membantu lancarnya bisnis mereka. Ini adalah
kesempatan yang tepat.
jenis pasar produk, motif dan
perilaku, segmen pasar dan penentu sasaran pasar : jenis pasar produk sangat luas
dan banyak terdapat di perusahaan lain. Perilaku pasar pun sangat ketat akan
persaingan, maka dari itu sasaran konsumen agar terjaring dengan melakukan
strategi promosi yang menarik.
besarnya pasar, ruang lingkup
pasar, struktur pasar, market share pasar, serta peluang-peluang pasar : minat pada permintaan
jasa IT sangatlah pesat, dan juga banyak perusahaan baru yang mulai membuka
jasa konsultan dan pemrograman, karena permintaaan dan penawaran masih tinggi,
maka diputuskan untuk membuka pasar jasa
IT ini.
Organisasi, kegiatan, dan
perkembangan pembelian
: jika terorganisis, maka dalam melakukan kegiatan produksi, penawaran akan
berjalan lancar, dan dapat berkembang pesat penawarannya, hingga mendapat
keuntungan lebih.
Faktor : faktor pendidikan, budaya,
selera dan musim, menjadi faktor penting
pemasaran, dimana faktor pendidikan yang membutuhkan banyak konsultasi,
budaya juga, serta selera untuk customizing application, dan musim dimana
selera konsumen yang homogen mengikuti jaman.
Kesimpulan : perusahaan ini sangat
menjanjikan untuk dibangun bisnisnya. Karena faktor permintaan konsumen yang
sangat banyak.
IV.
Strategi Pemasaran
Untuk
penawaran jasa yang akan dipasarkan oleh perusahaan ini adalah dengan
menggunakan media internet seperti penggunaan web, social media. Selain itu
juga perusahaan ini memanfaatkan media cetak untuk melakukan penawaran atau
promosinya. Perusahaan ini tidak menggunakan media pamphlet atau brosur
dikarenakan harus memakan banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk pembuatan
iklan seperti itu.
Link Blog:
Ari Surya Gunawan : http://ryuseifer.blogspot.com/2013/11/aspek-pemasaran-cv-joe-production.html
Ari Surya Gunawan : http://ryuseifer.blogspot.com/2013/11/aspek-pemasaran-cv-joe-production.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar